Apa itu Manajer Investasi Reksa Dana?

Reksa Dana adalah alat investasi yang terdiri dari kumpulan dana yang dikumpulkan dari banyak investor yang bertujuan menginvestasikan pada berbagai instrumen investasi (seperti saham, obligasi, pasar uang, dan lainnya). Reksa dana sendiri diatur oleh manajer investasi dengan tujuan mendapat keuntungan untuk dana investor yang diinvestasikan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pada prospektus produk. Kenapa reksa dana? Karena Reksa Dana memberikan kemudahan. Investor bisa menghemat biaya dan waktu (dari riset investasi, penyelesaian perdagangan, dan lainnya). 

Apa itu Manajer Investasi reksa dana?
Manajer Investasi reksa dana adalah pihak yang menginvestasikan aset Reksa Dana pada beberapa instrumen investasi sesuai panduan yang ditetapkan pada prospektus produk. Manajer Investasi juga merupakan orang yang memiliki tugas untuk menentukan bagaimana kinerja saham dan memberikan kepastian atas legalitas dan juga keamanan sebuah reksa dana. Manajer Investasi atau MI ini adalah pihak (bisa perusahaan atau perorangan) yang diberikan kewenangan untuk mengelola aset investor, salah satunya adalah reksa dana. Dengan kata lain, seorang investor reksa dana menyerahkan semuanya secara penuh kepada Manajer Investasi berkaitan dengan semua keputusan investasi. Oleh karena itu, kinerja dari reksa dana sangat dipengaruhi oleh kepiawaian dari MI dalam meracik ataupun mengolah sebuah portfolio investasi.
reksa dana, investasi, investor
sumber poto dari Aku Cinta Keuangan Syariah
Lingkup jasa pelayanan manajemen investasi adalah termasuk melakukan analisis keuangan, pemilihan aset, pemilihan saham, implementasi perencanaan serta melakukan pemantauan terhadap investasi. Manajemen investasi merupakan suatu industri global yang sangat besar serta memegang peran penting dalam pengelolaan triliunan dollar, euro, pound dan yen. MI menjalankan proses investasi berdasarkan kebijakan investasi yang sudah disetujui oleh investor di prospektus reksadana. Memilih dan memutuskan mana saham, obligasi, deposito dan surat berharga yang akan dibeli.

MI wajib menghitung dan melaporkan kepada investor mengenai berapa nilai investasi reksadana setiap hari bursa. MI tidak boleh beroperasi sebelum mendapatkan ijin dari otoritas pasar modal, yaitu Bapepam (sekarang sudah dipindahkan ke Otoritas Jasa Keuangan).Karena mengelola dana masyarakat, proses mendapatkan izin diatur cukup ketat.
reksa dana, manajer investasi
sumber poto dari Cermati
Manajer investasi, yang bertugas mengambil kesimpulan mengenai berapa bobot saham, obligasi dan pasar uang dalam membentuk portofolio reksa dana. Kebanyakan dari para manajer investasi memulai karirnya dari bagian riset, namun ada juga yang tidak. Manajer investasi juga bisa mendapat masukan dari analis eksternal yaitu analis yang bekerja di broker atau sering juga disebut sell side analyst. Manajer Investasi, mereka juga secara aktif memberikan nasehat dan rekomendasi yang diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi nasabahnya.

Memilih Manajer Investasi :
  • Mempunyai Ijin - reksadana dikelola oleh MI yang memiliki ijin dari otoritas pasar modal, yaitu Bapepam atau Otoritas Jasa Keuangan. MI harus secara sah dapat beroperasi sebagai Manajer Investasi di Indonesia. Sebab semua kegiatan yang berkaitan dengan penghimpunan dana masyarakat untuk dikelola di pasar modal harus mendapat persetujuan dari OJK.
  • Pengalaman - Investor bisa menilik informasi ini di prospektus reksadana di sub-bagian MI. Disitu diuraikan cukup lengkap mengenai pemilik, berapa lama sudah beroperasi, pengalaman mengelola reksadana selama ini dan keahlian serta pengalaman tim pengelola investasi. Perhatikan prospektus produk Reksadana yang dikelola oleh MI tersebut. Jika tercatat bahwa perusahan MI tersebut sudah beroperasi minimal 7 tahun dan keuntungan yang diberikan produk yang dikelolanya cukup bagus, maka dapat dikatakan jika perusahaan MI ini mempunyai track record yang baik.
  • Pengecekan Silang - Lakukan  pengecekan silang ke sumber lain yang independen, yaitu web-site otoritas pasar modal, yaitu Bapepam dan OJK. Disana terdapat daftar MI yang sudah memiliki ijin. Lakukan pengecekan silang antara informasi di prospektus dengan informasi di otoritas.
reksa dana, manajer investasi
sumber poto dari duwitmu.com
Sumber dari Kompas/wikipedia/duwitmu

1 Response to "Apa itu Manajer Investasi Reksa Dana?"