Mekanisme Kerja Reksa Dana

Kelebihan yang dimiliki oleh reksa dana adalah adanya diversifikasi investasi. Artinya, investasi dipecah ke beberapa instrumen. Reksa dana itu gampang diakses oleh masyarakat. Return atau imbal baliknya pun terbilang cukup besar. Produk ini bisa dibeli di lembaga pengelola dan penerbit produk reksa dana. Atau, manajer investasi dan bank yang bekerja sama dengan manajer investasi. Reksadana dikelola oleh 2 pihak, yakni Manajer Investasi dan Bank Kustodian. Manajer investasi bertanggung jawab atas kegiatan investasi, yang meliputi analisis dan pemilihan jenis investasi, mengambil keputusan – keputusan investasi, memonitor pasar investasi dan melakukan tindakan – tindakan  yang dibutuhkan untuk kepentingan investor. Sementara  Bank  Kustodian  bertindak  sebagai penyimpan  kekayaan  (safe keeper) serta administrator reksadana. Dana yang terkumpul dari sekian banyak investor melalui reksadana bukan merupakan bagian dari kekayaan Manajer Investasi dan Bank Kustodian, sehingga tidak termasuk dalam neraca keuangan, baik Manajer Investasi maupun Bank Kustodian. Dana dan kekayaan (surat – surat berharga) yang dimiliki oleh reksadana adalah milik para investor dan disimpan atas nama reksadana di Bank Kustodian.

Manajer Investasi adalah perusahaan, bukan perorangan, yang kegiatan usahanya mengelola portofolio efek milik nasabah. Untuk dapat melakukan kegiatan usahanya, Perusahan Manajer Investasi harus memperoleh ijin dari Bapepam untuk melakukan kegiatan sebagai Manajer Investasi. Sedangkan Bank Kustodian adalah bagian dari kegiatan usaha suatu bank dalam bidang penyimpanan surat berharga serta administrasinya. Sama halnya seperti Manajer Investasi, bank yang akan melakukan kegiatan harus memperoleh ijin dari Bapepam. Dalam pengelolaan suatu reksadana, Manajer Investasi dan Bank Kustodian tidak diperkenankan terafiliasi, guna menjaga independensi dari masing – masing pihak. Kewajiban dan tanggung jawab Manajer Investasi serta Bank Kustodian secara rinci dicantumkan dalam dokumen kontrak kerjasama antar keduanya. 
Mekanisme Kerja Reksa Dana
sumber poto dari kharismaasset.co.id
NAB / Unit
NAB / Unit merupakan “harga beli” per Unit Penyertaan yang harus kita bayar, jika kita ingin berinvestasi dengan membeli Unit Penyertaan Reksadana. Ia juga sekaligus menjadi “harga jual”  per  Unit Penyertaan jika  kita  ingin  mencairkan investasi kita, dengan menjual Unit Penyertaan reksadana yang kita miliki.

Perubahan NAB / Unit memberikan indikator kinerja investasi suatu reksadana. Karena reksadana merupakan suatu portofolio investasi yang terdiri dari berbagai macam investasi pada surat berharga (efek), seperti saham, obligasi, deposito dan efek lainnya maka naik – turunnya NAB / Unit reksadana dipengaruhi oleh nilai pasar dari masing – masing efek yang dimiliki oleh reksadana tersebut.

Berdasarkan UU Pasar Modal No.8 Tahun 1995, Reksa Dana berbetuk Perseroan dan Kontrak Investasi Kolektif. 
reksa dana

2 Responses to "Mekanisme Kerja Reksa Dana"

  1. Menabung bagi sebagian orang memang bukan hal yang mudah.
    judi sabung ayam dengan presentase kemenangan tertinggi
    Untuk info lebih lanjut bisa melalui:
    Proses deposit dan withdraw tidak terbatas dan 24 jam online hanya untuk member setia kami

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    whatup : 08122222995
    BBM: D8C363CA

    BalasHapus
  2. Selamat siang untuk semuanya, nama saya Steven Nesty Binti, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp10,7 juta, untuk seorang pria di Afrika.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, sehingga saya berdiskusi dengan teman saya Bu Tieka Melawati (tiemelaw@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya dengan Bu Deborah, Manajer Kantor Pinjaman AVANT, sehingga teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Nyonya Deborah. Jadi saya menghubungi Bu Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +6281334785906

    Saya mengajukan pinjaman Rp 380 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman tersebut, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu bercanda sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya sudah dikreditkan Rp380 juta. Saya sangat senang akhirnya Tuhan menjawab doa-doa saya dan Dia telah memberikan keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Bu Deborah untuk memberikan kehidupan yang adil bagi saya, maka dari itu saya berpesan kepada siapapun yang berminat mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Bu Deborah melalui email:
    (avantloanson@gmail.com)
    Melalui WhatsApp:
    +6281334785906 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nestybintisteven@gmail.com) Salam

    BalasHapus