BEDA Menabung dan Investasi,,

Menabung adalah suatu cara menyisihkan pendapatan atau uang dengan jumlah sesuai kemampuan untuk tujuan mendatang. Menabung adalah sebuah cara yang kita bisa lakukan untuk mengelola uang kita. Menabung tidak harus di bank. Tapi bisa di rumah sendiri dengan menyimpan di celengan. Menabung adalah tindakan menghemat bagian dari penghasilan yang tersisa setelah dikurangi total pengeluaran. Kegiatan menabung biasanya dilakukan di bank. Sedangkan investasi adalah tindakan memasukkan modal ke dalam suatu usaha atau aset demi memperoleh pendapatan di masa depan. Investasi banyak ragamnya. Mulai dari deposito, emas, properti, investasi saham, reksa dana dan investasi bisnis.

Tujuan menabung secara umum adalah untuk mempersiapkan dan merencanakan masa depan Anda dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda. Seseorang yang sudah terlatih dalam menyisihkan penghasilannya tidak akan mengalami kesulitan dalam menerapkan hal ini, ingat bahwa dengan menabung uang Anda tidak hilang justru Anda sedang melakukan penghematan dan tanpa kita sadari suatu saat uang tersebut bisa dipakai dalam keadaan terdesak.

Seseorang membeli aset properti atau tanah dengan harapan nilai jualnya meningkat dari tahun kedepan dan membeli aset kertas (reksadana, saham, mata uang asing) dengan harapan bisa dijual kembali dengan harapan harga lebih tinggi juga bagian dari investasi. Anda dapat berinvestasi dalam bentuk apa saja, dengan harapan suatu saat investasi tersebut memberikan manfaat semakin besar di masa mendatang.
BEDA Menabung dan Investasi,,
sumber poto dari bnpparibas-ip.co.id
Bentuk Investasi
  • Investasi tanah - diharapkan dengan bertambahnya populasi dan penggunaan tanah; harga tanah akan meningkat pada masa depan.
  • Investasi pendidikan - dengan bertambahnya pengetahuan dan keahlian, diharapkan pencarian kerja dan pendapatan lebih besar.
  • Investasi saham - diharapkan perusahaan mendapatkan keuntungan dari hasil kerja atau penelitian.
  • Investasi mata uang asing - diharapkan investor akan mendapatkan keuntungan dari menguatnya nilai tukar mata uang asing terhadap mata uang lokal

Investasi adalah salah satu cara untuk menyelamatkan dana agar tidak terpakai secara sia-sia. Namun, untuk menentukan jenis investasi yang sesuai, ada beberapa hal perlu diperhatikan. Dalam hal ini ada beragam jenis investasi yang bisa menjadi pilihan, mulai dari investasi saham, emas, properti ataupun reksa dana.
  • Investasi saham - Investasi saham saat ini berbeda dengan dulu yang membutuhkan modal cukup besar. Kini, hanya bermodalkan Rp 1 juta hingga Rp 5 juta sudah bisa memulai investasi saham.
  • Investasi properti - Investasi ini dinilai cukup menjanjikan untuk ke depannya. Beragam jenis investasi yang dapat dipilih di sektor ini antara lain rumah, apartemen, ruko ataupun tanah.
  • reksa dana - Dalam memilih investasi reksa dana ada dua pilihan. Pertama, Anda dapat memilih secara lump sum atau investasi sekaligus. Kedua, dengan cara rupiah cost averaging atau investasi berkala. Keunggulan dari investasi reksa dana secara sekaligus karena bersifat jangka panjang. Dengan begitu, para investor dengan dana besar cukup cocok melakukannya, karena dana yang diinvestasikan bisa mengalami kenaikan.
  • Investasi emas - Berbicara investasi tidak hanya sebatas properti ataupun reksa dana. Kini, emas bisa menjadi pilihan saat menginvestasikan uang Anda ke dalam bentuk fisik.
Sumber Informasi dari Kompas/Wikipedia/bnpparibas-ip.co.id

2 Responses to "BEDA Menabung dan Investasi,,"

  1. Tujuan menabung secara umum adalah untuk mempersiapkan dan merencanakan masa depan Anda dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda.

    http://bolavita.com/category/jadwal-sabung-ayam/

    BalasHapus
  2. Thanks infonya. Oiya ngomongin investasi, ternyata ada loh sebagian orang yang masih takut menerapkannya karena berbagai alasan. Ada yang takut ketipu hingga takut kehilangan dana yang diinvestasikan. Nah, kalo kamu salah satu yang takut seperti itu, saya nemuin cara oke nih untuk bisa mengatasinya. Cek di sini ya: Masih takut investasi? Atasi dengan 5 hal ini!

    BalasHapus